Bali Tobacco Control Initiative (BTCI) memiliki beberapa program bekaitan dengan pengendalian produk hasil tembakau diantaranya penelitian, peningkatan kemampuan, dll. Seluruh program yang dikelakukan bertujuan mendukung pemerintah daerah didalam mengimplementasikan Peraturan Daerah (perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota.

Capacity Building

Bali Tobacco Control Initiative (BTCI) melakukan beberapa kegiatan peningkatan kapasitas dalam hal implementasi dan penegakan perda KTR. Capacity building yang dilakukan tidak terbatas kepada instansi pemerintah saja tetapi juga kepada pihak pengelola kawasan yang termasuk didalam perda KTR yang ada pada level provinsi maupun kabupaten/kota. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM antara lain seminar, simposium, workshop dan training.

Research

Bali Tobacco Control Initiative (BTCI) melakukan beberapa jenis penelitian yang berkaitan dengan pengendalian produk hasil tembakau. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan bukti ilmiah yang dapat mendukung dalam implementasi perda KTR. Penelitian yang dilakukan oleh BTCI diantaranya complaince study terhadap perda KTR pada 7 kawasan yang termasuk didalam perda, opinion pool, udayana public health student initiative and economic impact of smoke-free law enforcement to hospitality sector.

Monitoring & Evaluation

Bali Tobacco Control Initiative mendukung kegiatan inspeksi yang dilakukan oleh instansi pemerintah terkait dalam rangka menegakkan perda KTR pada beberapa kawasan. Sebagai bagian dari masyarakat, Bali Tobacco Control Inintative juga  melakukan pengawasan terhadap institusi yang termasuk didalam kawasan yang diatur dalam perda KTR. Hasil kegiatan penelitian (compliance study) yang dilakukan oleh BTCI dapat digunakan oleh instansi terkait sebagai bahan evaluasi terhadap kepatuhan pengelola kawasan terhadap perda KTR.